3 Usaha Online di Desa dan Keuntungannya

Untuk yang belum memiliki tempat usaha berupa bangunan fisik dapat memulai usaha online di desa. Salah satu keuntungan dari bisnis ini yaitu bisa dilakukan kapan dan dimana saja tanpa ada batasan waktu. Ditambah sekarang banyak marketplace yang mulai menjamur di tengah-tengah masyarakat.

Ide Usaha Online di Desa yang Menguntungkan

Salah satu usaha online di desa yang banyak dilakukan para penduduknya yaitu menjual hasil pertaniannya. Misalnya padi, kopi, jagung, kacang dan sayur-sayuran. Namun ternyata masih banyak ide bisnis secara digital ini yang bisa dicoba di daerah tersebut. Berikut rekomendasinya:

3 Usaha Online di Desa dan Keuntungannya

1. Menjadi Seorang Youtuber

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini untuk menjadi orang terkenal bukan termasuk hal yang sulit. Karena sekarang banyak media sosial yang dapat dijadikan sarana untuk menunjang kegiatan tersebut. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan platform youtube.

Untuk melakukan kegiatan tersebut Anda tidak perlu meninggalkan kampung halaman. Meskipun begitu tetap saja untuk menjadi orang terkenal dari youtube bukan perkara yang mudah. Dimana harus selalu menciptakan konten yang menarik agar mendapatkan bisa menarik banyak subscriber.

2. Membuka Jasa Penulis Artikel

Usaha satu ini sangat direkomendasikan bagi seseorang yang mempunyai keterampilan menulis dengan baik dan benar. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi orang yang belum memiliki skil tersebut. Karena sekarang untuk mengasah kemampuan itu dapat dilakukan dengan cara mengikuti les.

Sebagai sarana cobalah untuk mendaftarkan diri pada website di lenteraprivat.com. Disana nantinya akan dilatih bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Sementara untuk promosi bisnis ini dapat dilakukan melalui situs freelancer. Com atau sosial media yang dimiliki.

3. Menjual Alat-Alat Pertanian

Salah satu peluang usaha desa yang dijamin paling menguntungkan ialah menjual alat alat pertanian, bibit tanaman dan obat hama. Hal itu dikarenakan pada daerah tersebut masih banyak lahan yang luas untuk digarap oleh petani. Umumnya bisnis ini dilakukan seseorang dengan menyewa toko.

Namun di era serba digital seperti saat ini bisnis menjual alat pertanian dapat dilakukan secara online. Cukup dengan memanfaatkan marketplace yang sudah tersedia di internet. Dengan begitu bisa menghemat biaya sewa tempat dan kegiatan promosi. 

Keuntungan Membuka Usaha di Desa

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan yaitu akan memperoleh pelanggan setia. Hal itu dikarenakan sistem kekerabatan masyarakat pedesaan sangat erat. Dimana penduduknya cenderung memiliki kepercayaan tinggi terhadap orang yang masih tinggal di kampung yang sama.

Keuntungan kedua yaitu mempermudah penduduk dalam mencari barang /jasa. Dengan begitu para warga tidak perlu repot-repot lagi berkunjung ke kota untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga secara tidak langsung bisa menghemat waktu tempuh dan biaya transportasi.

Membuka usaha di desa juga berkesempatan emas untuk memperoleh keuntungan yang besar. Hal itu disebabkan karena kompetitor di daerah ini masih sedikit. Dengan begitu sangat mudah untuk mengembangkan bisnis yang sedang digeluti. 

Demikianlah beberapa rekomendasi usaha online di desa. Walaupun di lakukan di daerah perkampungan tetap saja ketika memulai bisnis tersebut harus melakukan riset terlebih dahulu. Dengan begitu bisa mengetahui berapa banyak permintaan pasar dan barang/jasa apa yang paling dibutuhkan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.