Pengiriman pertukaran pelajar dan mahasiswa merupakan kerjasama

Pengiriman pertukaran pelajar dan mahasiswa merupakan kerjasama di bidang pendidikan. Perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini salah satunya yaitu menambah wawasan.

Pengiriman pertukaran pelajar dan mahasiswa merupakan kerjasama

ASEAN merupakan sebuah organisasi  yang terdiri dari negara negara di wilayah Asia tenggara seperti Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapore, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja dan Laos.

Ketika awal pendiriannya, wilayah Asia tenggara bisa dikatakan sangat rumit karena bermunculan berbagai konflik baik secara internal maupun eksternal. Melihat kondisi tersebut beberapa pemimpin berinisiatif untuk membuat organisasi ASEAN.

Diketahui bahwa kerjasama ASEAN dalam bidang pendidikan memiliki tujuan utama yaitu untuk meningkatkan daya saing internasional. Beberapa kegiatannya meliputi memberi beasiswa, pertukaran pelajar, menyelenggarakan olimpiade.

Kerjasama Di Bidang Pendidikan

Setelah dibentuk pada  tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN melakukan kerjasama di bidang pendidikan, baik secara multilateral atau bilateral.

Tujuan utama diadakan kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan antar negara-negara di Asia tenggara. Misalnya negara Indonesia memberikan beasiswa untuk  program seni, bahasa dan tari.

Sedangkan  Malaysia memberikan beasiswa untuk pelajar dari luar negara yang ingin mengambil jurusan kesehatan, komunikasi dan pelabuhan udara, sehingga dapat disimpulkan bahwa pertukaran pelajar dan mahasiswa merupakan kerjasama di bidang pendidikan.

Contoh Pertukaran Pelajar

Salah satu contoh  kerjasama antar negara dalam bidang pendidikan adalah adanya pertukaran pelajar. Dimana kegiatan tersebut dapat memperluas jaringan pertemanan dan bisa digunakan sebagai sarana menemukan jati diri.

Misalnya pertukaran pelajar antara  Indonesia dengan Cina melalui AIESEC. Dengan fungsi yang cukup unik yaitu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan volunteer di negara tujuan.

Dalam pertukaran pelajar antara Cina dan Indonesia ada semangat yang ditularkan kepada anak muda yaitu  supaya bisa bersama-sama membangun dunia dengan cara melakukan akulturasi budaya.

Dari rangkuman artikel diatas dapat disimpulkan bahwa pertukaran pelajar dan mahasiswa merupakan kerjasama di bidang pendidikan. Hal ini sesuai dengan tujuan utama dibentuknya organisasi ASEAN.

 

sumber referensi: https://gokemedia.com

Sumber : https://www.lenteraprivat.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.